Makanan
{{FilterCount}}
Filter
Recent keywords

Belum Makan Namanya Kalau Nggak Pakai Nasi

 
Pernah ga terpikir buat bersyukur kalo tinggal di Indonesia itu kita bisa menikmati berbagai keberagaman suku, budaya, bahasa dan tentunya kulinernya. Kebayang kalo semua cuma 1 macam bakal bosen banget pastinya. Kali ini, kita akan keliling Indonesia lewat 15 makanan khas Indonesia serba nasi paling populer. Yuk, catat ya 15 makanan khas Indonesia serba nasi paling populer ini!
 
Nasi Goreng
http://www.seriouseats.com/sponsored/images/2016/09/20160817-minute-rice-nasi-goreng-katherine-martinelli-2.jpg
Photo courtesy: seriouseats.com
 
Siapa sih yang belum pernah makan nasi goreng, rasanya tidak ada ya. Nasi goreng sudah jadi kuliner nasional karena ada dimana-mana. Dengan isian yang bermacam-macam mulai dari ayam, seafood, sosis sampai yang ditambah keju, pokoknya gak ada matinya. Bahkan, nasi goreng sempet masuk peringkat 2 makanan paling enak di dunia versi CNN tahun 2011, keren banget ya. Mulai dari abang-abang yang lewat depan rumah sampai versi resto rasanya enak semua dan hebatnya lagi nasi goreng bisa masuk ke semua umur.
 
Nasi Padang
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: migrationology.com
 
Sadar gak kalo nasi Padang udah jadi menu sehari-hari kita walaupun kita bukan berasal dari Padang. Kalau lagi jalan-jalan, paling gampang cari makan ya ke rumah makan padang karena hampir ada di setiap tempat. Nasi Padang ini menarik karena bumbunya nendang dan lauknya banyak macamnya. Mulai dari rendang, gulai nangka, ikan bakar, kepala kakap dll dijamin bikin kalap waktu lihat dipampang semua di displaynya. Rendang juga sempat masuk daftar makanan paling enak versi CNN di tahun 2011. Bahkan ada bule yang bikin lagu Nasi Padang saking cintanya.
 
Nasi Bakar
https://i.ytimg.com/vi/y5TKDkCENzo/maxresdefault.jpg (Source: Youtube)
Photo courtesy: inirecipes.id
 
Nasi Bakar termasuk kuliner baru yang belum jelas siapa yang menciptakannya. Di Jawa Barat banyak sekali versinya tergantung kreatifitas pembuatnya. Yang pasti, nasi bakar ini banyak sekali peminatnya karena memang nikmat. Nasi bakar terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang memanjang dengan isian ayam berbumbu ataupun teri dan kemudian dibakar. Proses pembakaran iniyang bikin aromanya jadi khas. Biasanya nasi bakar dilengkapi ayam goreng/bakar, tahu, tempe serta lalap dan sambal.
 
Nasi Soto Madura
https://4.bp.blogspot.com/-XTvhkJLHHr8/VythVQiWbjI/AAAAAAAAQqI/E1JFEzx6ZnQWBUq2ROk61qSza0Yfm1acACLcB/s1600/1.jpg
Photo courtesy: cicicookies.com 
 
Kita harus berterimakasih sama orang Madura yang mempopulerkan nasi soto Madura. Makanan ini biasanya dijumpai gerobaknya di pinggir jalan. Nasi soto Madura ini jadi kuliner favorit karena selain rasanya enak harganya terjangkau. Soto Madura adalah sop khas Indonesia dengan kuah bening berwarna kuning dengan isian ayam, telur rebus, kubis dan soun dengan taburan bawang goreng.
 
Nasi Pecel
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: www.pengusahasukses.com
 
Si pecel ini adalah ikon dari kota Madiun dan banyak dijumpai di daerah Jawa Timur. Nasi pecel sudah mulai tersebar ke seluruh Indonesia dan banyak juga peminatnya. Nasi pecel terdiri dari nasi dan lauk sayuran rebus disiram sambal pecel yang terbuat dari olahan kacang tanah dan bumbu-bumbu. Biasanya disantap dengan lauk telur mata sapi, tempe goreng dan peyek.
 
Nasi Gudeg
http://gudegyudjumpusat.com/wp-content/uploads/2015/12/Nasi-Gudeg-Ayam-Paha-Atas-Kecil.jpg
Photo courtesy: gudegyudjumpusat.com
 
Nasi gudeg ini sering jadi tujuan utama para pelancong dan penggemar kuliner lokal ketika mengunjungi kota Yogyakarta. Memang agak sulit menemukan nasi gudeg yang seenak di kota asalnya. Pembuatannya cukup sulit karena perlu waktu lama untuk membuat gudeg. Dilengkapi dengan krecek, sambal goreng tempe dan ayam yang dimasak khusus.
 
Nasi Bali
http://resepcaramasak.com/wp-content/uploads/2017/03/Cara-Membuat-Nasi-Bali-Komplit-Dan-Sederhana.jpg
Photo courtesy: resepcaramasak.com
 
Nasi Bali yang berbumbu mantap dan pedas ini sudah lama jadi kuliner yang populer di seluruh Indonesia. Biasanya dilengkapi dengan sayur urap, ayam suwir dan sate lilit khas Bali. Ada kuah kaldu juga yang membuat rasa nasi bali semakin kaya akan cita rasa.
 
Nasi Jamblang khas Cirebon
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: jdn.pergidulu.com
 
Nasi Jamblang berasal dari kata Jamblang, salah satu desa di Cirebon. Ciri khasnya dibungkus menggunakan daun jati. Untuk lauknya ada aneka sayur tumis, ayam, tempe, tahu, ikan asin, sate kentang dan sambal goreng.
 
Nasi Campur ala Warteg
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: selipan.com
 
Suka perhatiin gak ada warung sederhana di pinggir jalan bertuliskan warteg? Kepanjangan warteg itu sendiri adalah Warung Tegal yang penjualnya juga asli dari kota Tegal. Pilihan lauknya beragam seperti masakan rumah pada umumnya. Jadi pilihan banyak orang saat tanggal tua atau yang lagi malas masak karena harganya terjangkau banget. Bahkan, di Bandung ada Warteg Hipster yang mengambil konsep warteg dengan tampilan cafe. Menarik banget ya, btw kamu udah coba belum?
       
Bubur Manado
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: pegipegi.com
 
Masakan Manado paling populer ya bubur Manado, umumnya disajikan sebagai menu sarapan. Isinya bubur dengan campuran berbagai sayur seperti bayam, ubi, jagung dll. Dimakan dengan lauk sambal roa yang pedas bikin banyak orang jadi fans berat bubur Manado.
 
Nasi Uduk
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: anieats.com
 
Nasi uduk banyak dijumpai di Jakarta, Bandung dan kota lain dengan versi masing-masing. Rasanya gurih karena dimasak dengan santan, dan penyajiannya dilengkapi lauk telur dadar, emping, kacang goreng dan tempe.
 
Nasi Kuning
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: www.royco.co.id
 
Siapa sih yang gak kenal nasi kuning, makanan yang paling cocok buat sarapan pagi nih. Selain itu, nasi kuning juga sering disediakan saat ulang tahu atau peresmian acara. Nasi Kuning rasanya gurih karena dimasak menggunakan santan dan kunyit yang memberi warna kuning. Dilengkapi dengan taburan abon, kering tempe, telor dadar dan kacang plus timun dan sambal.
 
Nasi Liwet Solo
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: backpackerjakarta.com
 
Nasi liwet Solo ini beda dengan nasi liwet sunda. Seirngnya nasi liwet Solo disajikan dengan porsi individu, tidak dalam porsi besar seperti nasi liwet kekinian. Menu ini punya rasa gurih karena dimasak menggunakan santan dan dilengkapi dengan lauk opor ayam, telur pindang dan sayur labu. Dibungkus dengan daun pisang.
 
Nasi Rawon khas Surabaya
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: i.ytimg.com
 
Nasi rawon ini unik karena warna kuahnya hitam yang didapat dari bumbu kluwek. Isinya daging sapi dan diberi taburan kecambah. Biasanya dilengkapi dengan telur asin dan kerupuk udang. Sangat sulit untuk mendapatkan nasi rawon di luar Jawa Timur.
 
Nasi Kebuli
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: tips-cara.info
 
Nasi Kebuli berasal dari Betawi. Dimasak dengan menggunakan kaldu kambing atau santan dan ditambah minyak samin. Nasi Kebuli menggunakan banyak sekali rempah antara lain bawang putih, bawang merah, cengkeh, kapulaga, kayu manis, jintan, ketumbar, pala dan black pepper.
 
Banyak juga ya ternyata dan gak nyangka kalo orang Indonesia itu kreatif dalam mengolah nasi menjadi makanan lezat. Dari daftar di atas kira-kira ada berapa nih yang sudah Foodee coba? 
 
 

Rating: 
0,00 rate(s)
Rating: 
{{AvgRating | number:1}}{{TotalRating |formatNK:1}} rate(s)
Jangan-jangan Foodee yang Bikin Harga Telur Naik. Kok Bisa?
Jangan-jangan Foodee yang Bikin Harga Telur Naik. Kok Bisa?
Duh, ternyata ini salah satu penyebab harga telur ayam melonjak
Aruna & Lidahnya: Jelajah Eksotika Kuliner Indonesia dalam Balutan Persahabatan
Aruna & Lidahnya: Jelajah Eksotika Kuliner Indonesia dalam Balutan Persahabatan
Satu lagi karya yang terinspirasi dari kuliner Indonesia! Penasaran?
Menggemaskan, 6 Es Krim Unik Ini Punya Tampilan Instagramable Banget
Menggemaskan, 6 Es Krim Unik Ini Punya Tampilan Instagramable Banget
Menolak tampil biasa, 6 es krim ini punya bentuk yang lucu dan menggemaskan.
Rekomendasi 14 Resep Praktis untuk Bekal Makan Siang di Sekolah
Rekomendasi 14 Resep Praktis untuk Bekal Makan Siang di Sekolah
Intip 14 resep spesial yang praktis untuk bekal makan siang di sekolah!
Suka Manis Atau Asin? Karakter Foodee Ternyata Bisa Ditebak dari Rasa Makanan Favorit
Suka Manis Atau Asin? Karakter Foodee Ternyata Bisa Ditebak dari Rasa Makanan Favorit
Tebak karakter dair makanan favorit
Produk Indonesia Asli, 7 Gerai Makanan Ini Sering Dikira dari Luar Negeri
Produk Indonesia Asli, 7 Gerai Makanan Ini Sering Dikira dari Luar Negeri
Foodee mungkin tidak menyangka 7 restoran terkenal ini ternyata asli Indonesia.
7 Fakta Menarik tentang Bakpia, Oleh-oleh Ikonik Jogjakarta
7 Fakta Menarik tentang Bakpia, Oleh-oleh Ikonik Jogjakarta
Sudah berapa sering Foodee makan bakpia, oleh-oleh khas Jogja? Ketahui 5 fakta tentang bakpia ini agar lebih nikmat makannya.
Pusing Karena Cuaca Nggak Menentu? Segarkan dengan Es Kepal Milo Buatan Sendiri!
Pusing Karena Cuaca Nggak Menentu? Segarkan dengan Es Kepal Milo Buatan Sendiri!
Intip resep Es Kepal Milo yang bikin nagih di bawah ini!
Tergurih! Ini 5 Negara yang Paling Banyak Mengkonsumsi MSG di Dunia
Tergurih! Ini 5 Negara yang Paling Banyak Mengkonsumsi MSG di Dunia
5 negara ini menempati posisi tertinggi konsumsi MSG dunia.
Unik! Ini Bentuk 9 Jenis Sambal di Seluruh Dunia. Berani Coba?
Unik! Ini Bentuk 9 Jenis Sambal di Seluruh Dunia. Berani Coba?
Sambal adalah sebuah pelengkap yang biasa kita santap bersama dengan nasi hangat dan lauk seperti ikan dan ayam. Tidak hanya Indonesia, banyak negara di dunia yang terbiasa menyantap hidangan dengan sambal di sisinya. Inilah bentuk 9 jenis sambal di seluruh dunia.
Simpan foto ke koleksi
Pengaturan koleksi
Perbarui koleksi kamu Buat koleksi kamu
Pengaturan koleksi