Makanan
{{FilterCount}}
Filter
Recent keywords

Belum Makan Namanya Kalau Nggak Pakai Nasi

 
Pernah ga terpikir buat bersyukur kalo tinggal di Indonesia itu kita bisa menikmati berbagai keberagaman suku, budaya, bahasa dan tentunya kulinernya. Kebayang kalo semua cuma 1 macam bakal bosen banget pastinya. Kali ini, kita akan keliling Indonesia lewat 15 makanan khas Indonesia serba nasi paling populer. Yuk, catat ya 15 makanan khas Indonesia serba nasi paling populer ini!
 
Nasi Goreng
http://www.seriouseats.com/sponsored/images/2016/09/20160817-minute-rice-nasi-goreng-katherine-martinelli-2.jpg
Photo courtesy: seriouseats.com
 
Siapa sih yang belum pernah makan nasi goreng, rasanya tidak ada ya. Nasi goreng sudah jadi kuliner nasional karena ada dimana-mana. Dengan isian yang bermacam-macam mulai dari ayam, seafood, sosis sampai yang ditambah keju, pokoknya gak ada matinya. Bahkan, nasi goreng sempet masuk peringkat 2 makanan paling enak di dunia versi CNN tahun 2011, keren banget ya. Mulai dari abang-abang yang lewat depan rumah sampai versi resto rasanya enak semua dan hebatnya lagi nasi goreng bisa masuk ke semua umur.
 
Nasi Padang
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: migrationology.com
 
Sadar gak kalo nasi Padang udah jadi menu sehari-hari kita walaupun kita bukan berasal dari Padang. Kalau lagi jalan-jalan, paling gampang cari makan ya ke rumah makan padang karena hampir ada di setiap tempat. Nasi Padang ini menarik karena bumbunya nendang dan lauknya banyak macamnya. Mulai dari rendang, gulai nangka, ikan bakar, kepala kakap dll dijamin bikin kalap waktu lihat dipampang semua di displaynya. Rendang juga sempat masuk daftar makanan paling enak versi CNN di tahun 2011. Bahkan ada bule yang bikin lagu Nasi Padang saking cintanya.
 
Nasi Bakar
https://i.ytimg.com/vi/y5TKDkCENzo/maxresdefault.jpg (Source: Youtube)
Photo courtesy: inirecipes.id
 
Nasi Bakar termasuk kuliner baru yang belum jelas siapa yang menciptakannya. Di Jawa Barat banyak sekali versinya tergantung kreatifitas pembuatnya. Yang pasti, nasi bakar ini banyak sekali peminatnya karena memang nikmat. Nasi bakar terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang memanjang dengan isian ayam berbumbu ataupun teri dan kemudian dibakar. Proses pembakaran iniyang bikin aromanya jadi khas. Biasanya nasi bakar dilengkapi ayam goreng/bakar, tahu, tempe serta lalap dan sambal.
 
Nasi Soto Madura
https://4.bp.blogspot.com/-XTvhkJLHHr8/VythVQiWbjI/AAAAAAAAQqI/E1JFEzx6ZnQWBUq2ROk61qSza0Yfm1acACLcB/s1600/1.jpg
Photo courtesy: cicicookies.com 
 
Kita harus berterimakasih sama orang Madura yang mempopulerkan nasi soto Madura. Makanan ini biasanya dijumpai gerobaknya di pinggir jalan. Nasi soto Madura ini jadi kuliner favorit karena selain rasanya enak harganya terjangkau. Soto Madura adalah sop khas Indonesia dengan kuah bening berwarna kuning dengan isian ayam, telur rebus, kubis dan soun dengan taburan bawang goreng.
 
Nasi Pecel
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: www.pengusahasukses.com
 
Si pecel ini adalah ikon dari kota Madiun dan banyak dijumpai di daerah Jawa Timur. Nasi pecel sudah mulai tersebar ke seluruh Indonesia dan banyak juga peminatnya. Nasi pecel terdiri dari nasi dan lauk sayuran rebus disiram sambal pecel yang terbuat dari olahan kacang tanah dan bumbu-bumbu. Biasanya disantap dengan lauk telur mata sapi, tempe goreng dan peyek.
 
Nasi Gudeg
http://gudegyudjumpusat.com/wp-content/uploads/2015/12/Nasi-Gudeg-Ayam-Paha-Atas-Kecil.jpg
Photo courtesy: gudegyudjumpusat.com
 
Nasi gudeg ini sering jadi tujuan utama para pelancong dan penggemar kuliner lokal ketika mengunjungi kota Yogyakarta. Memang agak sulit menemukan nasi gudeg yang seenak di kota asalnya. Pembuatannya cukup sulit karena perlu waktu lama untuk membuat gudeg. Dilengkapi dengan krecek, sambal goreng tempe dan ayam yang dimasak khusus.
 
Nasi Bali
http://resepcaramasak.com/wp-content/uploads/2017/03/Cara-Membuat-Nasi-Bali-Komplit-Dan-Sederhana.jpg
Photo courtesy: resepcaramasak.com
 
Nasi Bali yang berbumbu mantap dan pedas ini sudah lama jadi kuliner yang populer di seluruh Indonesia. Biasanya dilengkapi dengan sayur urap, ayam suwir dan sate lilit khas Bali. Ada kuah kaldu juga yang membuat rasa nasi bali semakin kaya akan cita rasa.
 
Nasi Jamblang khas Cirebon
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: jdn.pergidulu.com
 
Nasi Jamblang berasal dari kata Jamblang, salah satu desa di Cirebon. Ciri khasnya dibungkus menggunakan daun jati. Untuk lauknya ada aneka sayur tumis, ayam, tempe, tahu, ikan asin, sate kentang dan sambal goreng.
 
Nasi Campur ala Warteg
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: selipan.com
 
Suka perhatiin gak ada warung sederhana di pinggir jalan bertuliskan warteg? Kepanjangan warteg itu sendiri adalah Warung Tegal yang penjualnya juga asli dari kota Tegal. Pilihan lauknya beragam seperti masakan rumah pada umumnya. Jadi pilihan banyak orang saat tanggal tua atau yang lagi malas masak karena harganya terjangkau banget. Bahkan, di Bandung ada Warteg Hipster yang mengambil konsep warteg dengan tampilan cafe. Menarik banget ya, btw kamu udah coba belum?
       
Bubur Manado
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: pegipegi.com
 
Masakan Manado paling populer ya bubur Manado, umumnya disajikan sebagai menu sarapan. Isinya bubur dengan campuran berbagai sayur seperti bayam, ubi, jagung dll. Dimakan dengan lauk sambal roa yang pedas bikin banyak orang jadi fans berat bubur Manado.
 
Nasi Uduk
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: anieats.com
 
Nasi uduk banyak dijumpai di Jakarta, Bandung dan kota lain dengan versi masing-masing. Rasanya gurih karena dimasak dengan santan, dan penyajiannya dilengkapi lauk telur dadar, emping, kacang goreng dan tempe.
 
Nasi Kuning
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: www.royco.co.id
 
Siapa sih yang gak kenal nasi kuning, makanan yang paling cocok buat sarapan pagi nih. Selain itu, nasi kuning juga sering disediakan saat ulang tahu atau peresmian acara. Nasi Kuning rasanya gurih karena dimasak menggunakan santan dan kunyit yang memberi warna kuning. Dilengkapi dengan taburan abon, kering tempe, telor dadar dan kacang plus timun dan sambal.
 
Nasi Liwet Solo
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: backpackerjakarta.com
 
Nasi liwet Solo ini beda dengan nasi liwet sunda. Seirngnya nasi liwet Solo disajikan dengan porsi individu, tidak dalam porsi besar seperti nasi liwet kekinian. Menu ini punya rasa gurih karena dimasak menggunakan santan dan dilengkapi dengan lauk opor ayam, telur pindang dan sayur labu. Dibungkus dengan daun pisang.
 
Nasi Rawon khas Surabaya
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: i.ytimg.com
 
Nasi rawon ini unik karena warna kuahnya hitam yang didapat dari bumbu kluwek. Isinya daging sapi dan diberi taburan kecambah. Biasanya dilengkapi dengan telur asin dan kerupuk udang. Sangat sulit untuk mendapatkan nasi rawon di luar Jawa Timur.
 
Nasi Kebuli
15  Makanan Khas Indonesia Serba Nasi Paling Populer
Photo courtesy: tips-cara.info
 
Nasi Kebuli berasal dari Betawi. Dimasak dengan menggunakan kaldu kambing atau santan dan ditambah minyak samin. Nasi Kebuli menggunakan banyak sekali rempah antara lain bawang putih, bawang merah, cengkeh, kapulaga, kayu manis, jintan, ketumbar, pala dan black pepper.
 
Banyak juga ya ternyata dan gak nyangka kalo orang Indonesia itu kreatif dalam mengolah nasi menjadi makanan lezat. Dari daftar di atas kira-kira ada berapa nih yang sudah Foodee coba? 
 
 

Rating: 
0,00 rate(s)
Rating: 
{{AvgRating | number:1}}{{TotalRating |formatNK:1}} rate(s)
Natal Sudah Dekat! Ikuti Foody Indonesia Christmas Online Party dan Bawa Pulang iPhoneX!
Natal Sudah Dekat! Ikuti Foody Indonesia Christmas Online Party dan Bawa Pulang iPhoneX!
Mau bawa pulang iPhoneX hingga beragam special prizes lainnya? Yuk, ikuti Foody Indonesia Christmas Online Party! Kapan lagi kan bisa bawa pulang hadiah-hadiah kece dengan modal nulis review, saja?
Jangan Sampai Salah! Cek Info Seputar #FXOP Buat Menangkan iPhoneX di Sini!
Jangan Sampai Salah! Cek Info Seputar #FXOP Buat Menangkan iPhoneX di Sini!
Foodee sudah tahu ‘kan kalau Foody Indonesia bakal bagi-bagi kado Natal di tahun ini? Bertajuk Foody Christmas Online Party, Foodee berkesempatan untuk memenangkan grand prize berupa iPhoneX dan beragam hadiah menarik lainnya.
Trik Jitu Menyeduh Kopi Instan Jadi Se-oke Kopi Kafe
Trik Jitu Menyeduh Kopi Instan Jadi Se-oke Kopi Kafe
Dengan trik ini, Foodee bisa bikin kopi seenak kopi kafe dengan modal kopi instan saja.
Camkan! 5 Makanan Ini Berpotensi Menyulut Perpecahan
Camkan! 5 Makanan Ini Berpotensi Menyulut Perpecahan
Lima makanan ini berhasil membagi Foodee jadi dua kubu, ada yang doyan banget tapi banyak juga yang tidak suka.
Yogyakarta, Ini Dia 7 Rekomendasi Siomay yang Rasanya Paling Badai
Yogyakarta, Ini Dia 7 Rekomendasi Siomay yang Rasanya Paling Badai
Cari siomay mantap di Jogja, ke 7 tempat ini aja.
Pengabdi Ceban: Makan Murah dengan 10k? Siapa takut!
Pengabdi Ceban: Makan Murah dengan 10k? Siapa takut!
Pasti banyak diantara Foodee yang tanggal segini keuangan sudah menipis? Hayo, ngaku! Mau minta uang jajan sama orangtua pasti malu. Mau tidak mau Foodee harus menghemat dengan makan murah. Nah, tim Foody.id menemukan 10 tempat makan yang bisa Foodee santap hanya dengan 10k! Penasaran? Yuk intip artikelnya.
Modal Ceban, Makan Kenyang di Jogja
Modal Ceban, Makan Kenyang di Jogja
Jogja memang kota idaman para wisatawan. Bukan cuma soal destinasi wisata, budaya dan kulinernya yang gak ada habisnya, harga-harga di Jogja pun sangat murah.
Bikin Sendiri Kreasi Bakso Bakar yang Enak dan Lezat Untuk Ganjal Rasa Lapar!
Bikin Sendiri Kreasi Bakso Bakar yang Enak dan Lezat Untuk Ganjal Rasa Lapar!
Kalau Foodee bosan dengan bakso kuah yang itu-itu saja, Foodee bisa lho berkreasi dengan membuat bakso bakar yang dibaluri dengan aroma nan sedap. Yuk, telisik resep dan cara membuat bakso bakar yang enak dan lezat untuk mengganjal rasa lapar Foodee!
Kulineran ke 5 Negara di Asia Ini Gak Bakal Bikin Kantong Jebol, Lho!
Kulineran ke 5 Negara di Asia Ini Gak Bakal Bikin Kantong Jebol, Lho!
Traveling dan kulineran nampaknya sudah menjadi satu kesatuan yang gak bisa dipisahkan. Sudah hampir pasti ketika Foodee traveling ke suatu daerah atau negara, Foodee pasti akan menjajal beragam kuliner khas masyarakat setempat.
7 Cafe Baru Paling Hits di Surabaya
7 Cafe Baru Paling Hits di Surabaya
Tiap bulan selalu saja ada cafe ataupun resto yang baru buka di Surabaya. Mulai dari konsep cute, kifolks, cabin, maupun konsep unik lainnya, cafe yang bermunculan akhir – akhir ini emang bikin kita pengen nyobain semua
Simpan foto ke koleksi
Pengaturan koleksi
Perbarui koleksi kamu Buat koleksi kamu
Pengaturan koleksi
You're almost there! Verify your account to enjoy YOUR culinary journey.