Jakarta
Makanan
{{FilterCount}}
Filter

5 Makanan yang Bikin Dunia Jatuh Cinta dengan Indonesia

 

Cita rasa masakan Indonesia yang kaya akan bumbu tentunya sudah menjadi catatan bagi para penggemar kuliner di dunia. Banyaknya bahan pemberi cita rasa khas yang tidak bisa didapatkan di negara lain merupakan keunikan sendiri bagi masyarakat luar negeri. Tidak heran, banyak orang-orang luar negeri yang jatuh cinta dengan makanan Indonesia.

 

Berbincang soal diplomasi kuliner Indonesia, Chef Putri Mumpuni adalah salah satu pelaku kuliner yang rajin dalam kegiatan tersebut. Dalam beberapa kesempatan, Chef Putri Mumpuni ditunjuk untuk mempromosikan masakan Indonesia ke Mancanegara. Ia bahkan pernah didapuk sebagai pengajar tamu di Stratford University di Amerika untuk mengajarkan cara memasak beberapa makanan Indonesia.
 
“Saya sering traveling ke mana-mana untuk mencicipi. Saya pikir masakan Indonesia itu lebih kaya rasa dengan banyak bumbu. Secara logika, bumbu masakan Western itu apa sih? Lada dan garam. Kita? Harus menumis hingga harum, tambahin ini itu. Itulah keunikannya. Bagi mereka itu rasa masakan Indonesia itu beyond,” ungkapnya.
 
Lantas apa sih makanan Indonesia favorit mancanegara? Rasanya sangat tepat kalau kita bertanya ke Chef Putri Mumpuni. Dari segudang pengalamannya mempresentasikan kuliner Indonesia, berikut adalah rangkuman 5 masakan Indonesia yang menurutnya paling banyak disukai mancanegara:
 
 
RENDANG

5 Makanan Indonesia yang Digilai Masyarakat Luar Negeri-rendang

Tentu saja masakan yang berada di peringkat World’s 50 Most Delicious Foods CNN International 2011 ini masih menjadi sorotan dunia. Menurut Chef Putri, masakan berbahan daging dengan cita rasa pedas ini hampir selalu ada saat ia mempresentasikan masakan Indonesia.

 

Biasanya, saat mempresentasikan rendang di mancanegara, Chef Putri mengurangi rasa pedasnya dengan menggunakan paprika. Soal presentasi yang cenderung sulit, biasanya rendang dipresentasikan seperti steik tenderloin dengan bumbu rendang di atasnya. 

 

NASI GORENG

5 Makanan Indonesia yang Digilai Masyarakat Luar Negeri-nasi goreng

Nasi Goreng tidak kalah dengan rendang. Coba saja ingat kembali, berapa banyak artis mancanegara yang datang ke Indonesia dan menyebut Nasi Goreng sebagai masakan yang paling menggungah selera mereka.

 

SATE AYAM

5 Makanan Indonesia yang Digilai Masyarakat Luar Negeri-sate ayam

Menu daging ayam bakar dengan saus kacang ini juga menjadi sorotan para pecinta kuliner di dunia. Untuk sajian ini, biasanya sate dipresentasikan tanpa mengubah bentuk sate. Hanya saja untuk mengakalinya, sate menggunakan garnish agar presentasinya lebih cantik.

 

SOTO AYAM

5 Makanan Indonesia yang Digilai Masyarakat Luar Negeri-soto ayam

Siapa yang bisa menolak sajian soto ayam dengan perasan jeruk di atasnya? Soto ayam menjadi salah satu jenis sup yang banyak dinikmati lidah mancanegara.

 

Baca juga: Perempuan-perempuan hebat di balik diplomasi kuliner Indonesia

 

SATE MARANGGI

5 Makanan Indonesia yang Digilai Masyarakat Luar Negeri-sate maranggi

Sate Maranggi ternyata juga menjadi catatan penting kuliner Indonesia di dunia. Sate daging sapi dari Purwakarta ini berbumbu kecap sehingga punya cita rasa manis, asam, dan agak pedas. Saat disajikan bumbu kecap dengan irisan bawang merah dan tomat segar. Tidak jarang daging sapi juga diganti dengan daging kambing.

 

 

By: Toshiko Potoboda

Rating: 
0,00 rate(s)
Rating: 
{{AvgRating | number:1}}{{TotalRating |formatNK:1}} rate(s)
Bosan Makanan Bersantan? Ini Makanan yang Bisa Membangkitkan Selera Makanmu!
Bosan Makanan Bersantan? Ini Makanan yang Bisa Membangkitkan Selera Makanmu!
Opor, rendang, atau gulai? Semuanya memang enak! Tentunya lidahmu juga perlu variasi agar suasana Lebaran tetap nikmat di lidah dan di perut. Ini makanan tanpa santan yang bisa jadi pilihan.
Lebaran Di Negeri Orang? Ini Makanan yang Bisa Mengobati Rindu Kampung Halaman!
Lebaran Di Negeri Orang? Ini Makanan yang Bisa Mengobati Rindu Kampung Halaman!
Nggak mudik Lebaran tahun ini? Jangan sedih, makanan lezat ala kampung halaman bisa ditemui di negeri seberang atau bahkan bisa Foodee masak sendiri. Ini contekannya!
Menutup Ramadhan dengan Variasi Menu Makanan dari 5 Olahan Daging Sapi Ini
Menutup Ramadhan dengan Variasi Menu Makanan dari 5 Olahan Daging Sapi Ini
Lebaran tinggal satu hari lagi. Semua keluarga pasti sedang disibukkan dengan kegiatan memasak dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri. Nah, kali ini tim Foody punya ide untuk menutup Ramadhan dengan variasi menu makanan dari 5 olahan daging sapi ini
Gak Cuma Bebek dan Rawon, Surabaya Juga Punya Ragam Pilihan Kuliner Seafood Lho!
Gak Cuma Bebek dan Rawon, Surabaya Juga Punya Ragam Pilihan Kuliner Seafood Lho!
Foodee gak mudik di lebaran tahun ini? Gak usah sedih, Surabaya masih punya banyak tempat makan yang siap memanjakan perut Foodee, kok. Foodee juga bisa mengajak sanak saudara yang mudik ke Surabaya untuk kulineran, nih.
Bawa Pulang 6 Oleh-Oleh Khas Semarang Ini, Dijamin Gak Akan Nyesel!
Bawa Pulang 6 Oleh-Oleh Khas Semarang Ini, Dijamin Gak Akan Nyesel!
Sehabis membahas tentang kuliner khas Semarang yang wajib dicicipi kalau mudik ataupun sekadar singgah ke Semarang saat dalam perjalanan mudik, kurang lengkap rasanya kalau gak sekalian membahas tentang oleh-oleh khas Semarang.
5 Tempat Makan Romantis di Bogor
5 Tempat Makan Romantis di Bogor
Walaupun jaraknya hanya sekitar satu jam saja dari Jakarta, tapi Bogor menawarkan suasana yang berbeda. Apalagi sekarang banyak banget berdiri restoran serta kafe-kafe romantis buat tempat dinner bareng pasangan tercinta. Penasaran apa saja tempat makan romantis di Bogor?
10 Tempat Makan Seafood Terenak & Murah di Jakarta
10 Tempat Makan Seafood Terenak & Murah di Jakarta
Nikmat Tuhan paling luar biasa adalah hidangan seafood. Mereka adalah makhluk-makhluk laut cantik yang lezat.
Kaleidoskop Makanan Hits di Bandung Sepanjang Tahun 2016
Kaleidoskop Makanan Hits di Bandung Sepanjang Tahun 2016
Sebelum kita menyambut tahun yang baru—juga tentunya—tren makanan yang baru lagi, jangan ketinggalan info mengenai kaleidoskop makanan hits di Bandung sepanjang tahun 2016 kemarin!
7 Cafe Baru Paling Hits di Surabaya
7 Cafe Baru Paling Hits di Surabaya
Tiap bulan selalu saja ada cafe ataupun resto yang baru buka di Surabaya. Mulai dari konsep cute, kifolks, cabin, maupun konsep unik lainnya, cafe yang bermunculan akhir – akhir ini emang bikin kita pengen nyobain semua
13 Rekomendasi Tempat Kuliner Bakso Paling Enak Di Jakarta
13 Rekomendasi Tempat Kuliner Bakso Paling Enak Di Jakarta
Foodee hobi makan bakso ? Tapi tidak tau tempat bakso yang enak di Jakarta? Tenang, berikut 13 rekomendasi tempat kuliner bakso paling enak di Jakarta yang bisa Foodee kunjungi:
Simpan foto ke koleksi
Pengaturan koleksi
Perbarui koleksi kamu Buat koleksi kamu
Pengaturan koleksi
You're almost there! Verify your account to enjoy YOUR culinary journey.