Makanan
{{FilterCount}}
Filter
Recent keywords

Pernah kah kamu kedatangan teman dari luar negeri dan meminta diajak makan ke restoran Indonesia? Pasti sering membuat kamu bingung memilih restorannya. Nah, kita punya daftar restoran dengan makanan khas Indonesia yang cocok buat kamu untuk menjamu tamu dari luar negeri.

Tahu sendiri kan kalau orang bule pasti sangat memperhatikan kebersihan. Pastinya kamu juga nggak mau mengajak mereka ke sembarangan tempat. Sekadar catatan, untuk orang Jepang biasanya kurang tahan dengan bumbu cabai yang berlebihan karena perut mereka sensitif dengan cabai. Dan juga makanan Jepang itu kan lebih ke arah manis seperti teriyaki, sukiyaki bahkan wasabi yang katanya sambel pedesnya orang Jepang belum ada apa-apanya dibandingkan sambal matah orang Indonesia. Iya apa iya?

Untuk orang Eropa yang biasa makan makanan berbumbu sederhana, seperti garam dan merica, mereka bakal takjub dengan makanan khas Indonesia yang kaya rempah dan juga manis, asam, asin, gurih, semua ada. Tapi ingat, mereka juga sensitif akan makanan yang pengolahannya kurang higienis, jadi pastikan ajak ke restoran yang benar-benar bersih.

Sementara tamu asal Asia Selatan, seperti India atau Timur Tengah, yang justru lebih toleran dengan bumbu-bumbu kuat dan tajam, seperti kari dan rempah-rempah, cocoknya diajak ke restoran yang banyak sate-sateannya atau panggang-panggangan Foodee, karena pasti cocok dengan lidah mereka.

Kalau Asia Tenggara, bisa dibilang lidahnya masih sama seperti lidah orang Indonesia yang suka dengan asam, asin, manis dan pedas. Ya mungkin karena letak geografis kita saling berdekatan, jadi khasanah tumbuhan dan pangan masih serumpun. Cita rasa makanannya pun nggak asing. Terbukti kan dengan adanya makanan khas peranakan yang bisa kita jumpai juga di Singapura, Malaysia dan Brunei Darusalam.

Oke, tanpa panjang lebar lagi, saya akan membagikan 7 restoran yang terbaik untuk menjamu tamu mancanegara yang datang ke Jakarta. Simak di bawah ini ya!

Tugu Kuntskring Paleis
 
Kalau ngaku sebagai anak kuliner Jakarta, pastinya kamu akan mengetahui betul restoran ini. Sebuah bangunan peninggalan era kolonial yang kini menjadi sebuah restoran mewah yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat. Tugu Kunstkring Paleis menempati salah satu daftar retoran mewah dengan makanan khas Indonesia yang layak untuk dikunjungi.
 
Berawal dari sebuah gedung yang didirikan oleh Pemerintah Kolonial pada 17 April 1914 dengan nama Nederlandsch-Indische Kunstkring of The Dutch East Indies, yaitu Galeri Lingkar Seni Hindia Belanda, sebagai pusat promosi seni pada masa itu. Bangunan sempat mengalami perubahan fungsi beberapa kali hingga akhirnya satu abad kemudian gedung ini berubah fungsinya menjadi sebuah restoran mewah pada bulan April 2013.
 
7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara
Photo courtesy: www.jajanbeken.com
 
Dengan konsep fine dining restaurant, Tugu Kunstring Paleis memiliki area dining room yang luas lengkap dengan long table yang cocok untuk acara formal dan juga single table yang romantis. Hal tersebut membuat kita serasa seperti tamu kerajaan.

Lalu bagaimana dengan menu restoran mewah ini? Tugu Kunstkring Paleis menyajikan menu makanan khas Indonesiadan peranakan. Sesuai dengan menu yang ditawarkan, keunikan nama-nama menunya diperoleh dari bahasa Belanda, Mandarin dan Indonesia. Favorit saya adalah steamed barramundi curry. Ikan kakap putih yang dimasak dalam kuah kari, jeruk purut dan terong bulat sebagai pelengkap. Ikan kakapnya begitu tender, kuah karinya juga lezat sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang kuat serta ikan yang lembut.

7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara

Photo courtesy: www.jajanbeken.com

Padang Merdeka

Hampir semua dari penduduk Indonesia tahu akan masakan padang, dan faktanya salah satu makanan khas Indonesia, seperti rendang, mampu menunjukan eksistensinya di ranah Internasional. Terbukti pada 2011 silam, CNN merilis 50 makanan terenak di dunia dan rendang masuk ke dalam 10 terbaik. Maka dari itu, kita harus bangga akan prestasi yang diraih oleh kuliner Indonesia.

Nah, kali ini datang dari restoran padang yang menurut saya wajib kamu coba, nih. Restoran padang ini memang berbeda dari restoran padang biasanya menurut saya. Padang Merdeka sangat menunjukan sisi nasionalisme kepada para pengunjung dengan interior yang dihadirkan oleh restoran ini.

7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara

Photo courtesy: www.jajanbeken.com

Banyak yang bilang, termasuk saya sendiri, menu yang paling terkenal di restoran ini adalah ayam pop. Ayam pop yang disajikan sangat enak karena saus yang diberikan mampu menambah rasa nikmat ketika dimakan. Mau tahu menu apa saja selain ayam pop yang dihadirkan oleh Padang Merdeka? Lanjut bacanya, yuk!

7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara

Photo courtesy: www.jajanbeken.com

Rendang Sapi, ada yang bisa nolak pesona dari makanan ini? Baru lihat bumbunya saja perut sudah kelaparan. Rendang yang disajikan pada restoran ini menggunakan daging yang sangat empuk dan bumbu yang disajikan pun begitu meresap sempurna ke dalam daging. Duh, jadi ngiler sendiri, hehe.

Sate Padang, salah satu favorit saya juga. Dalam satu porsi sate, tusukan sate yang diberikan juga cukup banyak, sehingga kamu bisa memakannya sambil berbagi dengan teman.

Sayur Ubi Tumbuk, sayur singkong yang disajikan di Padang Merdeka merupakan daun singkong yang diparut. Saya sendiri masih sangat awam dengan menu ini, karena pada restoran padang lain pun belum pernah saya menemukannya. Tapi ketika mencobanya pada gigitan pertama, saya langsung jatuh cinta pada menu ini.

Dendeng Batokok, satu lagi cobaan terberat dalam menjalani proses diet, yaitu ketika melihat dendeng ini. Coba deh kamu lihat cabai yang ditabur di atasnya. Dendeng yang disajikan cukup lembut dan mudah untuk dipotong pastinya.

Signature Restoran

7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara

Photo courtesy: www.jajanbeken.com

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta ingin membagi kekayaan citarasa Indonesia bagi pengunjungnya. Dari sinilah Signatures Restaurant hadir untuk mewujudkannya. Kita dapat memilih masakan Indonesia manapun yang disediakan oleh restoran ini. Ada pun makanan khas berbagai daerah yang dihadirkan sangat lengkap dari Sabang hingga Marauke. Saya begitu penasaran dengan makanan khas Kalimantan, yang membuat saya ingin membahasnya lebih dalam.

7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara

Photo courtesy: www.jajanbeken.com

Soto Manggala, makanan berkuah yang satu ini sungguh unik. Mengapa makanan ini saya bilang unik? Karena salah satu bahannya menggunakan singkong. Dalam bahasa Kalimantan, “manggala” berarti singkong dan di soto ini potongan singkong berpadu dengan campuran soto seperti yang sering kita temui di soto pada umumnya.

Holyduck

7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara

Photo courtesy: www.jajanbeken.com

Restoran bebek ini menyajikan berbagai pilihan menu bebek dengan bumbu yang sangat beragam. Selain menu bebek yang enak, restoran ini pun menyajikan suasana makan yang sangat kental khas Bali dengan iringan lagu daerah yang sangat merdu. Salah satu andalan saya adalah Sate Bebek Gilimanuk. Sate bebek yang satu ini memiliki tekstur yang empuk sekali. Bumbu kecapnya yang manis terasa sekali meresap hingga ke dalam daging bebeknya. Menu yang jarang sekali ada di Jakarta ini merupakan menu yang paling sering dijumpai di Bali.

Aromanis

7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara

Photo courtesy: www.jajanbeken.com

Restoran yang termasuk baru di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini, memiliki desain yang kece dan terkesan elegan. Aromanis menyajikan menu makanan khas Indonesia beragam, mulai dari tahu pletok, iga balado, hingga es campur yang tampilannya sungguh modern dan tentunya menggugah selera makan kamu. Salah satu menu yang ditonjolkan Aromanis adalah tahu telor dan nasi ijo royo-royo. Enaknya, dipesan beramai-ramai dengan teman-teman.

Omah Sendok

Restoran ini memiliki nuansa yang asri dan teduh karena dilengkapi dengan kolam pada bagian bawahnya, serta dikelilingi tumbuhan hijau. Pelayanan yang ramah menambah rasa nyaman bila kamu datang untuk menikmati sajian makanan khas Indonesia yang ada di sini.

7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara

Photo courtesy: www.jajanbeken.com

Dari sekian banyak menu yang disajikan, beberapa di antaranya wajib kamu coba, antara lain mie godog omah atau mie jawa. Mie khas Jawa Tengah ini memiliki kuah yang lezat dan pasti cocok dengan lidah mana pun. Jadi, tidak perlu khawatir bila mengajak teman dari luar negeri untuk mencoba salah satu makanan khas Indonesia.

Rempah Bali

7 Restoran Makanan Khas Indonesia yang Cocok untuk Menjamu Tamu Mancanegara

Photo courtesy: www.jajanbeken.com

Restoran ini juga menyajikan berbagai menu khas Bali. Dilengkapi dengan lukisan yang terpajang di dinding-dindingnya, nuansa Bali semakin terasa saat kamu menyambangi Rembah Bali. Secara khusus, Rempah Bali mendatangkan chef-nya dari Bali, sehingga citarasa menu yang ada di sini tidak perlu diragukan lagi. Sate lilit, urap, dan ayam suir sambal matah merupakan beberapa menu andalannya.

Bagaimana, Foodee? Sudah siap mengajak teman atau kerabat kamu yang datang dari luar negeri untuk mencicipi makanan khas Indonesia?

By: Bona Primatama

Rating: 
0,00 rate(s)
Rating: 
{{AvgRating | number:1}}{{TotalRating |formatNK:1}} rate(s)
Natal Sudah Dekat! Ikuti Foody Indonesia Christmas Online Party dan Bawa Pulang iPhoneX!
Natal Sudah Dekat! Ikuti Foody Indonesia Christmas Online Party dan Bawa Pulang iPhoneX!
Mau bawa pulang iPhoneX hingga beragam special prizes lainnya? Yuk, ikuti Foody Indonesia Christmas Online Party! Kapan lagi kan bisa bawa pulang hadiah-hadiah kece dengan modal nulis review, saja?
Jangan Sampai Salah! Cek Info Seputar #FXOP Buat Menangkan iPhoneX di Sini!
Jangan Sampai Salah! Cek Info Seputar #FXOP Buat Menangkan iPhoneX di Sini!
Foodee sudah tahu ‘kan kalau Foody Indonesia bakal bagi-bagi kado Natal di tahun ini? Bertajuk Foody Christmas Online Party, Foodee berkesempatan untuk memenangkan grand prize berupa iPhoneX dan beragam hadiah menarik lainnya.
22 November Ternyata Hari Kimchi Lho! Foodee Sudah Tau Belum?
22 November Ternyata Hari Kimchi Lho! Foodee Sudah Tau Belum?
Bagi para penggemar drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan side dish yang selalu muncul dalam setiap drama dan reality show di Korea. Ya, apalagi kalau bukan kimchi!
Persis Aslinya! Boat Noodle Ajak Jelajah Makanan Khas Thailand Bercita Rasa Autentik
Persis Aslinya! Boat Noodle Ajak Jelajah Makanan Khas Thailand Bercita Rasa Autentik
Berbeda dari restoran khas Thailand kebanyakan, Boat Noodle – Gandaria City berhasil menyajikan setiap hidangannya dengan cita rasa autentik.
Instagramable Banget! Minum Latte Warna-Warni Di Kala Hujan Yuk!
Instagramable Banget! Minum Latte Warna-Warni Di Kala Hujan Yuk!
Ngopi Yuk! Berbagai variasi kopi susu alias latte nggak hanya campuran kopi dan susu saja, kin Foodee bisa cobain macam-macam latte dengan warna cantik dan memikat hati. Yang mana latte favoritmu?
Pengabdi Ceban: Makan Murah dengan 10k? Siapa takut!
Pengabdi Ceban: Makan Murah dengan 10k? Siapa takut!
Pasti banyak diantara Foodee yang tanggal segini keuangan sudah menipis? Hayo, ngaku! Mau minta uang jajan sama orangtua pasti malu. Mau tidak mau Foodee harus menghemat dengan makan murah. Nah, tim Foody.id menemukan 10 tempat makan yang bisa Foodee santap hanya dengan 10k! Penasaran? Yuk intip artikelnya.
Bikin Sendiri Kreasi Bakso Bakar yang Enak dan Lezat Untuk Ganjal Rasa Lapar!
Bikin Sendiri Kreasi Bakso Bakar yang Enak dan Lezat Untuk Ganjal Rasa Lapar!
Kalau Foodee bosan dengan bakso kuah yang itu-itu saja, Foodee bisa lho berkreasi dengan membuat bakso bakar yang dibaluri dengan aroma nan sedap. Yuk, telisik resep dan cara membuat bakso bakar yang enak dan lezat untuk mengganjal rasa lapar Foodee!
Modal Ceban, Makan Kenyang di Jogja
Modal Ceban, Makan Kenyang di Jogja
Jogja memang kota idaman para wisatawan. Bukan cuma soal destinasi wisata, budaya dan kulinernya yang gak ada habisnya, harga-harga di Jogja pun sangat murah.
Kulineran ke 5 Negara di Asia Ini Gak Bakal Bikin Kantong Jebol, Lho!
Kulineran ke 5 Negara di Asia Ini Gak Bakal Bikin Kantong Jebol, Lho!
Traveling dan kulineran nampaknya sudah menjadi satu kesatuan yang gak bisa dipisahkan. Sudah hampir pasti ketika Foodee traveling ke suatu daerah atau negara, Foodee pasti akan menjajal beragam kuliner khas masyarakat setempat.
7 Cafe Baru Paling Hits di Surabaya
7 Cafe Baru Paling Hits di Surabaya
Tiap bulan selalu saja ada cafe ataupun resto yang baru buka di Surabaya. Mulai dari konsep cute, kifolks, cabin, maupun konsep unik lainnya, cafe yang bermunculan akhir – akhir ini emang bikin kita pengen nyobain semua
Simpan foto ke koleksi
Pengaturan koleksi
Perbarui koleksi kamu Buat koleksi kamu
Pengaturan koleksi
You're almost there! Verify your account to enjoy YOUR culinary journey.