Jakarta
Makanan
{{FilterCount}}
Filter

Mitos atau Fakta?

 

mitos telur - main

Picture Courtesy: www.huffingtonpost.com/

 

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sangat sering digunakan dalam mengolah berbagai menu karena sifat dan rasanya yang sangat mudah menyatu dengan bahan lain. Di samping itu, selain menjadi bahan penunjang, telur juga seringkali menjadi lauk pauk utama yang dikonsumsi sebagai pelengkap karbohidrat seperti nasi atau roti karena harganya yang cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan daging ayam atau sapi. Tapi, saking merakyatnya telur dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari, sampai ada banyak sekali mitos yang beredar terutama yang terkait dengan kesehatan. Padahal, gak semua dari mitos-mitos tersebut benar secara ilmiah lho, Foodee.

 

Nah, dari banyaknya mitos kesehatan tentang telur, tim Foody setidaknya punya beberapa daftar mitos-mitos tentang mengonsumsi telur yang ternyata salah nih, Foodee!

 

TELUR SETENGAH MATANG LEBIH BERKHASIAT

mitos telur - setengah matang

Picture Courtesy: http://www.oversixty.com.au/

 

Foodee pernah makan telur setengah matang? Umumnya, Foodee akan menemukan telur setengah matang dalam pilihan menu tambahan pada bubur ayam, mie instan, susu jahe, atau memang telur setengah matang sebagai menu utama yang biasanya cukup ditambah dengan sedikit garam dan merica. Bagi sebagian orang, telur setengah matang memang sangat enak dan mitosnya telur setengah matang masih lebih segar sehingga sangat bagus dikonsumsi.

 

Tapi ternyata, anggapan itu adalah mitos yang salah. Pasalnya, telur setengah matang belum siap dicerna oleh tubuh karena ikatan proteinnya yang masih sangat kuat sehingga tubuh sulit memecahnya menjadi asam amino. Hal ini menyebabkan proses pencernaan berlangsung lebih lambat. Selain itu, telur yang belum matang juga gak terjamin keamanannya dan bisa jadi berbahaya kalau dikonsumsi saat daya tahan tubuh Foodee sedang buruk, lho!

 

TELUR MENYEBABKAN KENAIKAN KADAR KOLESTEROL

mitos telur - kolesterol

Picture Courtesy: http://thenewdaily.com.au/

 

Mitos ini sebenarnya gak sepenuhnya salah, sih. Satu butir kuning telur memang mengandung 186mg kolesterol, sementara batas kolesterol harian tubuh adalah 300mg. Tapi, jangan buru-buru menyalahkan telur kalau kolesterol Foodee meningkat. Ada baiknya juga memperhatikan konsumsi makanan lainnya yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti daging, mentega dan susu karena lemak jenuh lebih berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol. Kalau dibandingkan dengan daging, mentega dan susu, lemak jenuh telur hanya 1.6gram, lho.

 

Buat orang-orang yang sudah berusia lanjut, memang harus membatasi konsumsi semua makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh, termasuk telur. Tapi, kalau anak-anak dilarang untuk mengonsumsi telur setiap hari adalah salah karena telur mengandung gizi yang juga tinggi dan sangat dibutuhkan bagi tubuh yang sedang dalam masa pertumbuhan.

 

MAKAN PUTIH TELURNYA AJA, KUNINGNYA DIBUANG!

mitos telur - putih

Picture Courtesy: http://scienceinpoland.pap.pl/

 

Putih telur mengandung banyak protein, sementara kuning telur mengandung banyak vitamin dan mineral. Secara proporsi, 60% zat yang dibutuhkan tubuh ada di dalam putih telur dan 40% sisanya ada di kuning telur. Jadi, kalau ada mitos “makan putihnya saja, kuningnya dibuang” sebenarnya salah karena itu artinya Foodee akan kehilangan 40% zat yang bermanfaat bagi tubuh.

 

KEBANYAKAN MAKAN TELUR MENYEBABKAN TIMBUL BISUL?

mitos telur - bisul

Picture Courtesy: http://www.satujam.com/

 

“Awas, kebanyakan makan telur bikin bisulan”. Anggapan itu pasti sudah sering Foodee dengar sejak kecil. Tapi ternyata, hal itu hanyalah mitos dan mitosnya pun salah. Bisul disebabkan oleh infeksi bakteri dan penyebab bisul adalah kurangnya kebersihan, terutama kebersihan tangan yang sering digunakan untuk menggaruk padahal umumnya tangan memang menjadi sarang bakteri karena tangan adalah anggota tubuh yang paling sering menyentuh benda-benda kotor yang ada di sekitar kita. Jadi, sama sekali gak ada hubungannya antara mengonsumsi telur dan timbulnya bisul di tubuh, ya!

 

Yap, itulah mitos-mitos tentang mengonsumsi telur yang ternyata salah. Tapi meskipun salah, ada baiknya Foodee tetap menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh Foodee, ya. Gak hanya telur saja, makanan apapun yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak kurang baik bagi tubuh. Stay healthy, stay happy!

 

By: Destri

Rating: 
0,00 rate(s)
Rating: 
{{AvgRating | number:1}}{{TotalRating |formatNK:1}} rate(s)
Bosan Makanan Bersantan? Ini Makanan yang Bisa Membangkitkan Selera Makanmu!
Bosan Makanan Bersantan? Ini Makanan yang Bisa Membangkitkan Selera Makanmu!
Opor, rendang, atau gulai? Semuanya memang enak! Tentunya lidahmu juga perlu variasi agar suasana Lebaran tetap nikmat di lidah dan di perut. Ini makanan tanpa santan yang bisa jadi pilihan.
Lebaran Di Negeri Orang? Ini Makanan yang Bisa Mengobati Rindu Kampung Halaman!
Lebaran Di Negeri Orang? Ini Makanan yang Bisa Mengobati Rindu Kampung Halaman!
Nggak mudik Lebaran tahun ini? Jangan sedih, makanan lezat ala kampung halaman bisa ditemui di negeri seberang atau bahkan bisa Foodee masak sendiri. Ini contekannya!
Menutup Ramadhan dengan Variasi Menu Makanan dari 5 Olahan Daging Sapi Ini
Menutup Ramadhan dengan Variasi Menu Makanan dari 5 Olahan Daging Sapi Ini
Lebaran tinggal satu hari lagi. Semua keluarga pasti sedang disibukkan dengan kegiatan memasak dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri. Nah, kali ini tim Foody punya ide untuk menutup Ramadhan dengan variasi menu makanan dari 5 olahan daging sapi ini
Gak Cuma Bebek dan Rawon, Surabaya Juga Punya Ragam Pilihan Kuliner Seafood Lho!
Gak Cuma Bebek dan Rawon, Surabaya Juga Punya Ragam Pilihan Kuliner Seafood Lho!
Foodee gak mudik di lebaran tahun ini? Gak usah sedih, Surabaya masih punya banyak tempat makan yang siap memanjakan perut Foodee, kok. Foodee juga bisa mengajak sanak saudara yang mudik ke Surabaya untuk kulineran, nih.
Bawa Pulang 6 Oleh-Oleh Khas Semarang Ini, Dijamin Gak Akan Nyesel!
Bawa Pulang 6 Oleh-Oleh Khas Semarang Ini, Dijamin Gak Akan Nyesel!
Sehabis membahas tentang kuliner khas Semarang yang wajib dicicipi kalau mudik ataupun sekadar singgah ke Semarang saat dalam perjalanan mudik, kurang lengkap rasanya kalau gak sekalian membahas tentang oleh-oleh khas Semarang.
5 Tempat Makan Romantis di Bogor
5 Tempat Makan Romantis di Bogor
Walaupun jaraknya hanya sekitar satu jam saja dari Jakarta, tapi Bogor menawarkan suasana yang berbeda. Apalagi sekarang banyak banget berdiri restoran serta kafe-kafe romantis buat tempat dinner bareng pasangan tercinta. Penasaran apa saja tempat makan romantis di Bogor?
10 Tempat Makan Seafood Terenak & Murah di Jakarta
10 Tempat Makan Seafood Terenak & Murah di Jakarta
Nikmat Tuhan paling luar biasa adalah hidangan seafood. Mereka adalah makhluk-makhluk laut cantik yang lezat.
Kaleidoskop Makanan Hits di Bandung Sepanjang Tahun 2016
Kaleidoskop Makanan Hits di Bandung Sepanjang Tahun 2016
Sebelum kita menyambut tahun yang baru—juga tentunya—tren makanan yang baru lagi, jangan ketinggalan info mengenai kaleidoskop makanan hits di Bandung sepanjang tahun 2016 kemarin!
7 Cafe Baru Paling Hits di Surabaya
7 Cafe Baru Paling Hits di Surabaya
Tiap bulan selalu saja ada cafe ataupun resto yang baru buka di Surabaya. Mulai dari konsep cute, kifolks, cabin, maupun konsep unik lainnya, cafe yang bermunculan akhir – akhir ini emang bikin kita pengen nyobain semua
13 Rekomendasi Tempat Kuliner Bakso Paling Enak Di Jakarta
13 Rekomendasi Tempat Kuliner Bakso Paling Enak Di Jakarta
Foodee hobi makan bakso ? Tapi tidak tau tempat bakso yang enak di Jakarta? Tenang, berikut 13 rekomendasi tempat kuliner bakso paling enak di Jakarta yang bisa Foodee kunjungi:
Simpan foto ke koleksi
Pengaturan koleksi
Perbarui koleksi kamu Buat koleksi kamu
Pengaturan koleksi
You're almost there! Verify your account to enjoy YOUR culinary journey.