Makanan
{{FilterCount}}
Filter
Recent keywords

Menghapus Dahaga Seketika

 

minuman dingin - main

Picture Courtesy: http://caramembuat123.blogspot.co.id/

 

Berbuka puasa di Indonesia pasti identik dengan cemilan seperti gorengan dan kue serta minuman dingin sebagai pembuka di awal. Ya kan, Foodee? Nah, minuman dingin yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa beragam sekali jenisnya, tergantung seberapa kreatif pembuatnya. Tapi setidaknya, ada 10 minuman dingin yang cukup difavoritkan dan sering muncul sebagai minuman untuk berbuka puasa, nih.

 

Yuk, dilihat bagaimana segarnya berbuka puasa dengan 10 minuman dingin ini!

 

ES BUAH & SOP BUAH

minuman dingin - es buah

Picture Courtesy (es buah): http://www.tropicanaslim.com/

 

minuman dingin - sop buah

Picture Courtesy: http://www.bintang.com/

 

Oke, minuman yang satu ini jadi nomor satu karena pastinya paling difavoritkan banyak orang. Bener gak, Foodee? Es buah maupun sop buah berbahan dasar sama, buah-buahan apapun sesuai selera, bedanya hanya terletak pada penggunaan susu kental manis. Kalau es buah cukup potongan buah, air dan gula, sementara sop buah kemudian ditambahkan susu kental manis. Foodee bisa bikin minuman ini sendiri di rumah sehingga bisa memilih buahnya sesuai selera ataupun membeli minuman ini di pedagang minuman yang selalu muncul menjelang berbuka puasa.

 

ES LIDAH BUAYA

minuman dingin - lidah buaya

Picture Courtesy: http://lifestyle.okezone.com/

 

Minuman ini juga banyak penggemarnya. Pasalnya, lidah buaya sendiri memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Cara membuatnya pun mudah, cukup merebus daging lidah buaya dengan air, gula dan pandan sampai mendidih. Setelah matang dan dingin, tinggal ditambahkan es batu supaya lebih segar.

 

ES KACANG HIJAU

minuman dingin - kacang ijo

Picture Courtesy: http://recipestab.blogspot.co.id/

 

Kalau minuman yang satu ini, pasti sudah familiar juga kan? Minuman yang bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin ini memang memiliki manfaat bagi tubuh dan juga sangat mudah proses pembuatannya. Tapi kalau malas bikin sendiri, menemukan penjual es kacang hijau pun sangat mudah kok, apalagi di bulan puasa seperti sekarang ini.

 

ES KELAPA MUDA

minuman dingin - es kelapa

Picture Courtesy: http://www.tandapagar.com/

 

Minuman favorit semua orang, bahkan gak di bulan puasa sekalipun. Diminum langsung dari buahnya ataupun sudah di dalam gelas, sama segarnya!

 

ES CENDOL/DAWET

minuman dingin - dawet

Picture Courtesy: http://resephariini.com/

 

Bahan utama dari minuman ini adalah tepung beras yang kemudian diberi pewarna hijau. Cara membuat kuah es cendol atau dawet pun mudah, cukup memasak santan dan air rebusan pandan. Setelah matang, disiram dan dicampur dengan cendol dan ditambahkan gula merah cair dan es batu supaya segar.

 

ES RUMPUT LAUT

minuman dingin - rumput laut

Picture Courtesy: https://resepkoki.id/

 

Rumput laut juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah, dalam membuat es rumput laut, Foodee bisa melengkapinya juga dengan buah-buahan sesuai selera serta kolang-kaling bening maupun berwarna.

 

ES CAMPUR

minuman dingin - es campur

Picture Courtesy: http://www.kulinersehat.com/

 

Bukan es campur namanya kalau cara membuatnya bukan dengan mencampurkan berbagai bahan. Ya, minuman yang juga difavoritkan banyak orang ini terdiri dari berbagai potongan buah, cincau hitam, nata de coco, sirup, susu dan es serut. Kalau Foodee malas menyerut es atau memang gak punya alat penyerutnya, membeli saja bisa jadi pilihan yang praktis kok.

 

ES CINCAU HIJAU

minuman dingin - cincau

Picture Courtesy: https://cookpad.com/

 

Cincau hijau yang bisa jadi pereda panas dalam rupanya juga biasa dijadikan minuman segar yang dingin nih, Foodee. Foodee cukup mencampurkan cincau hijau dengan kuah santan, gula cair dan es batu yang sudah diserut. Segar dan sehat!

 

ES KOLAK

minuman dingin - kolak

Picture Courtesy: http://kepo-net.blogspot.co.id/

 

Siapa yang gak kenal kolak, sih? Selain es dan sop buah, kolak menjadi takjil yang paling sering muncul di meja makan. Bener gak, Foodee? Foodee bisa menggunakan pisang kapok atau ubi kuning sebagai isian utamanya. Kolak bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

 

ES SELASIH

minuman dingin - selasih

Picture Courtesy: http://lifestyle.okezone.com/

 

Minuman yang terakhir mungkin yang paling simple pembuatannya. Foodee hanya tinggal mencampurkan biji selasih yang sudah mengembang dengan nata de coco lalu membuat kuahnya dari air gula cair atau sirup sesuai selera. Oh ya, selasih sangat mudah Foodee dapatkan di pasar atau tukang sayur.

 

Ya, itulah 10 minuman dingin yang dapat menyegarkan momen buka puasa kita. Kalau Foodee punya kreasi minuman dingin lainnya, boleh banget untuk berbagi informasinya dengan mention Instagram @foody.id, ya!

 

Artikel seputar makanan dan minuman di bulan puasa lainnya bisa Foodee lihat juga di sini.

By: Destri

Rating: 
0,00 rate(s)
Rating: 
{{AvgRating | number:1}}{{TotalRating |formatNK:1}} rate(s)
TWG Tea: Nikmati Weekend Brunch Romantis Bersama dengan Orang Terkasih
TWG Tea: Nikmati Weekend Brunch Romantis Bersama dengan Orang Terkasih
Foodee mau melewati weekend dengan kegiatan yang berbeda? Yuk, intip jawabannya di sini!
Gordi HQ: Menikmati Pengalaman Piknik di Tengah Hiruk Pikuk Ibukota
Gordi HQ: Menikmati Pengalaman Piknik di Tengah Hiruk Pikuk Ibukota
Ngopi seru sambil piknik di taman? Yuk, intip keseruannya di sini!
Sluurp! Intip Serunya Mencicipi Cheese Tea Kekinian di Gulu Gulu
Sluurp! Intip Serunya Mencicipi Cheese Tea Kekinian di Gulu Gulu
Slurrp! Cicipi yuk serunya cheese tea kekinian di Gulu Gulu!
Tenangkan Hati dengan Sajian Fusion ala Fanda’s Favourite!
Tenangkan Hati dengan Sajian Fusion ala Fanda’s Favourite!
Ini dia tempat nongkrong seru di kawasan Senopati yang bisa bikin hati tenang dan perut kenyang!
Kencan di Malam Minggu ke 5 Restoran Romantis di Jogja Ini
Kencan di Malam Minggu ke 5 Restoran Romantis di Jogja Ini
Bingung mau ajak pasangan ke mana weekend ini? Ke 5 restoran romantis ini aja.
Produk Indonesia Asli, 7 Gerai Makanan Ini Sering Dikira dari Luar Negeri
Produk Indonesia Asli, 7 Gerai Makanan Ini Sering Dikira dari Luar Negeri
Foodee mungkin tidak menyangka 7 restoran terkenal ini ternyata asli Indonesia.
7 Fakta Menarik tentang Bakpia, Oleh-oleh Ikonis Jogjakarta
7 Fakta Menarik tentang Bakpia, Oleh-oleh Ikonis Jogjakarta
Sudah berapa sering Foodee makan bakpia, oleh-oleh khas Jogja? Ketahui 5 fakta tentang bakpia ini agar lebih nikmat makannya.
Pusing Karena Cuaca Nggak Menentu? Segarkan dengan Es Kepal Milo Buatan Sendiri!
Pusing Karena Cuaca Nggak Menentu? Segarkan dengan Es Kepal Milo Buatan Sendiri!
Intip resep Es Kepal Milo yang bikin nagih di bawah ini!
Tergurih! Ini 5 Negara yang Paling Banyak Mengkonsumsi MSG di Dunia
Tergurih! Ini 5 Negara yang Paling Banyak Mengkonsumsi MSG di Dunia
5 negara ini menempati posisi tertinggi konsumsi MSG dunia.
Unik! Ini Bentuk 9 Jenis Sambal di Seluruh Dunia. Berani Coba?
Unik! Ini Bentuk 9 Jenis Sambal di Seluruh Dunia. Berani Coba?
Sambal adalah sebuah pelengkap yang biasa kita santap bersama dengan nasi hangat dan lauk seperti ikan dan ayam. Tidak hanya Indonesia, banyak negara di dunia yang terbiasa menyantap hidangan dengan sambal di sisinya. Inilah bentuk 9 jenis sambal di seluruh dunia.
Simpan foto ke koleksi
Pengaturan koleksi
Perbarui koleksi kamu Buat koleksi kamu
Pengaturan koleksi